Friday, May 27, 2011

SEKOLAH KEHIDUPAN

Oleh : Louise L. Hay

Kehidupan ini sederhana dan mudah. Tetapi, banyak orang tua dan guru dengan maksud baik mereka,  menekan anak-anak untuk menjadi unggul di sekolah sehingga banyak anak jaman ini mengalami tingkat stres yang tidak pernah kita rasakan dulu.  Dan sayangnya, kita, para dewasa, tidak diajarkan di sekolah bagaimana membina hubungan yang harmonis dan menjadi orang tua yang baik. Sebagai orang tua, kita sudah melakukan yang terbaik semampu kita dengan belajar melalui apa yang kita lihat dari keluarga kita sendiri. Anak-anak belajar dengan mengamati orang tua mereka,  sehingga bila Anda mengajarkan cinta dan memaafkan, mereka akan belajar mencintai dan memaafkan.

Pada saat kita bertumbuh dewasa, kita ditantang untuk tetap melakukan yang benar bagi kita meskipun orang lain tidak sependapat. Kita berada di dunia ini bukan untuk memenuhi impian orang lain. Saya percaya bahwa segala sesuatu bekerja untuk kebaikan pada akhirnya, tetapi kadang-kadang sulit mempercayainya ketika kita sedang menjalani masa-masa sulit.

Dengan memercayai bahwa Sang Pencipta akan selalu menolong kita melewati kehidupan dengan cara yang terbaik, kita memperkuat diri untuk menemukan jalan kita sendiri menuju hidup yang berarti dan menikmati semua yang kehidupan tawarkan bagi kita.  Saya percaya pengetahuan adalah kekuatan. Saya terus meningkatkan pengertian yang saya miliki. Setiap hari saya melebarkan kesadaran saya bagi kebijaksanaan Ilahi yang ada dalam diri saya.  Kehidupan adalah sebuah sekolah! Saya berbahagia bisa hidup dan bersyukur untuk semua anugerah yang saya terima. Kita bisa mendidik diri sendiri dengan cara membuka pikiran dan hati setiap hari untuk menemukan pencerahan baru, orang-orang baru, pemikiran baru, dan cara-cara baru agar mengerti yang sedang terjadi di sekeliling dan di dalam diri. Semakin saya mengerti, dunia saya semakin berkembang dan saya semakin nyaman dengan perubahan yang terjadi dalam sekolah kehidupan luar biasa di bumi ini.

Ada banyak cara bisa Anda lakukan untuk memperluas dunia Anda. Anda bisa memulainya dengan memikirkan afirmasi. Ingat, afirmasi adalah apa saja yang Anda pikirkan, katakan, dan percayai. Inilah beberapa afirmasi kesayangan saya :
  • Saya bertanggung jawab atas pengalaman saya.
  • Setiap pikiran saya membentuk masa depan saya.
  • Saya perlu mengikhlaskan masa lalu dan memaafkan semua orang, termasuk diri saya.
  • Kekuatan ada pada saat ini.
  • Saya aman berada di alam semesta, dan seluruh Kehidupan mencintai dan mendukung saya.
  • Segala sesuatu baik adanya dalam dunia saya.

Banyak orang berkata “Saya tidak tahu apa yang saya inginkan ketika saya menjadi dewasa” lalu mulai mengkhawatirkan diri mereka.  Baru-baru ini saya mendapatkan salinan pidato hari wisuda di Universitas Stanford  yang dibawakan oleh pendiri sekaligus CEO Apple Computer, Steve Jobs. Inti dari pidato bisnisman sukses yang terkenal karena kreativitas dan penemuannya di bidang bisnis ini adalah cintailah apa yang Anda kerjakan dan saya tidak terkejut dengan isi pidato itu karena melihat keberhasilannya. Tetapi satu hal yang membuat saya benar-benar terkesima adalah dia mengatakan kepada para pendengar bahwa selama 34 tahun terakhir ini dia selalu menggunakan satu dari teknik saya yang paling populer untuk memulai harinya. Dia melihat pada cermin di pagi hari dan mengatakan afirmasi : “Jika hari ini adalah hari terakhir hidup saya, apakah saya masih ingin melakukan apa yang sudah saya rencanakan?”  Dalam pidatonya Bapak Jobs juga menambahkan, “Masa hidup Anda terbatas, jangan menyia-nyiakannya dengan menjalani hidup orang lain. Jangan biarkan kebisingan pendapat orang  menenggelamkan suara hati Anda sendiri.” Sebuah pesan yang luar biasa!

Seperti yang dikatakan Steve Jobs, ‘hari ini’ adalah satu-satunya kesempatan yang Anda miliki untuk menikmati hidup.  Tinggallah dalam saat ini, dan nikmati setiap kesempatan. Jangan biarkan hari Anda berlalu dalam frustrasi dan Anda kehilangan banyak kegembiraan. Bentuklah dalam pikiran Anda bagaimana Anda ingin hidup. Belajar, membaca, dan mendengarkan. Jika saat ini Anda sedang menyelesaikan sekolah, mulailah hari Anda dengan bermeditasi beberapa menit. Katakan afirmasi bahwa sekolah selalu mudah bagi Anda. Kembangkan rasa syukur untuk setiap pengalaman yang Anda dapatkan. Belajarlah menemukan kegembiraan setiap saat.

Ini adalah hidup Anda. Cintailah hidup Anda, dan Kehidupan akan mencintai Anda sebagai balasannya.  Saya berjanji, bila Anda mengambil waktu dalam sebulan untuk selalu bersyukur, Kehidupan akan memberikan kepada Anda lebih banyak lagi yang bisa disyukuri karena Kehidupan mencintai orang yang tahu berterima kasih.

Afirmasi : Saya mendengarkan dengan cinta dan ketenangan pada apa yang diajarkan kehidupan untuk saya. 

No comments: