Saturday, May 28, 2011

MENJAGA PIKIRAN TETAP SEHAT

Oleh : Louise L. Hay 

Sumber : ditch-diets-live-light.c
Jangan bermimpi mempunyai umur panjang jika kita belum belajar bertanggung jawab atas kesehatan kita sendiri. Makanan yang kita makan, olahraga yang kita lakukan, dan yang paling penting, pikiran yang kita pikirkan – suasana mental kita – berperan dalam menentukan tingkat kesehatan kita.

Saya memperkenalkan kata ‘neuropeptides’ untuk Anda saat ini. Neuropeptides merupakan sebuah kata yang menunjuk kepada zat kimia yang bergerak ke seluruh tubuh kita setiap kali kita berpikir atau berbicara. Pada saat kita berpikir atau berbicara, kita memproduksi zat kimia yang bergerak ke seluruh tubuh, menyentuh setiap sel, dan menaruh sedikit dari zat kimia itu ke dalam sel. (Dr. Candace Pert adalah ilmuwan yang menemukan neuropeptides. Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap dalam bukunya yang berjudul Everything You Need to Feel Go(o)d. Sebuah buku yang menarik!)

Ketika pikiran kita penuh ketakutan, kemarahan, atau emosi negatif lainnya, maka zat kimia ini akan menghantarkan timbunan depresi pada sistem kekebalan kita. Pada saat pikiran kita penuh cinta, optimis, dan positif, maka zat kimia berbeda akan dihantarkan dan meningkatkan kekebalan kita.

Waktu demi waktu, kita secara sadar maupun tidak memilih pikiran-pikiran yang sehat dan pikiran-pikiran yang tidak sehat. Pikiran-pikiran ini mempengaruhi tubuh kita. Satu pikiran saja memang tidak memberi pengaruh yang serius. Tetapi, kita berpikir lebih dari 60.000 pikiran setiap hari, dan efek dari pikiran kita bersifat kumulatif. Pikiran yang tidak sehat meracuni tubuh. Ilmu pengetahuan modern memastikan kita untuk tidak membiarkan pikiran negatif menguasai diri kita karena pikiran tersebut akan membuat kita sakit bahkan bisa membunuh.

Sekarang coba amati, neuropeptides apa yang menjalar di tubuh Anda saat ini? Yang melemahkan atau yang memperkuat tubuh Anda? 

No comments: