Wednesday, May 25, 2011

PIKIRAN MEMBENTUK MASA DEPAN ANDA


Oleh Louise Hay

Orang sering bertanya pada saya, "Apakah afirmasi itu dan bagaimana saya dapat menggunakannya?" Afirmasi adalah pernyataan yang kita buat sendiri – bisa positif, bisa negatif. Jika suatu afirmasi digunakan secara terus-menerus, ia akan menjadi keyakinan, dan selalu membawa dampak, kadang-kadang sesuatu yang tidak pernah kita bayangkan.

Saya sering berkata, "Hidup ini sederhana. Apa yang kita beri itulah yang kita terima." Kita bisa berkata dengan suara keras atau hanya memikirkan sebuah afirmasi sepanjang hari, seperti "Segala sesuatu baik adanya", terus menerus. Atau kita dapat membuat daftar dua puluh afirmasi dan kita mengucapkan atau menuliskan satu afirmasi setiap hari. Berapa kali kita mengatakan atau menuliskannya tergantung kita masing-masing.

Pada saat kita berkonsentrasi pada afirmasi-afirmasi tersebut dan mulai mengubah cara berpikir kita, hati kita akan bereaksi, salah satu dari dua reaksi ini : takut atau suka. Seandainya rasa takut yang muncul, kita bisa berkata kepada diri sendiri, "Terima kasih telah berbagi apa yg kamu rasakan. Saya akan terus mengirimkan afirmasi itu padamu, jadi terbiasalah." Kita umpamakan pikiran sebagai sebuah lemari penyimpanan dan pikiran-pikiran baru yang kita masukkan ibarat folder baru.

Sekaranglah saatnya, entah Anda sedang menikmati hidup atau tidak. Apa yang Anda rasakan saat ini akan membentuk hari esok Anda. Bukankah hal ini menakjubkan? Anda memegang kendali atas hidup Anda.

Jangan membuang waktu untuk memikirkan pikiran negatif karena pikiran negatif akan mewujudkan apa yang tidak Anda inginkan.  Jika Anda sudah mengatakan afirmasi-afirmasi dan belum mendapatkan hasil yang Anda inginkan, maka periksalah seberapa sering Anda merasa buruk dalam sehari. Emosi-emosi negatif inilah yang menunda manifestasi dari afirmasi-afirmasi Anda dan menghentikan aliran kebaikan bagi Anda.

Kita hidup di alam semesta yang selalu berkembang dan tak terbatas. Kemungkinan-kemungkinan yang tersedia bagi kita jauh melebihi yang bisa dipikirkan oleh manusia. Satu-satunya yang membatasi adalah pikiran kita sendiri. Kita menyia-nyiakan pikiran kita dengan memikirkan keterbatasan itu. Pikiran kita adalah milik kita yang berharga. Setiap pikiran yang kita pikirkan membentuk masa depan kita. Setiap pikiran!

Setiap kali kita memikirkan sebuah pikiran yang membuat kita merasa buruk, kita sedang melakukan hal yang sia-sia. Bukan hanya kita sudah membuang kesempatan untuk berpikir positif dan membuat hidup lebih baik, kita juga memperkuat pilar pemikiran negatif yang bisa membawa kita kepada pengalaman yang tidak menyenangkan.

Setiap pikiran itu berharga. Kita bisa belajar untuk berpikir sesuai afirmasi positif. Ya, memang membutuhkan sedikit usaha untuk mengontrol pikiran, tetapi hasil yang kita dapatkan sangat dahsyat. Masa lalu tidak lagi mempengaruhi kita. Bahkan masalah tidak mempunyai kekuatan atas kita. Kekuatan kita terletak pada pikiran yang kita pilih untuk pikirkan pada hari ini. Ingatlah, ada tak terbatas kesempatan baik di hadapan kita.

Kita bisa memikirkan pikiran-pikiran yang menggembirakan. Kita bisa memikirkan pikiran-pikiran positif. Kita bisa berkata, "Ya, saya bisa melakukannya!" Kita bisa memikirkan pikiran-pikiran yang membuat kita sukacita. Kita bisa belajar hanya memikirkan segala sesuatu yang baik di dunia. Kita bisa mengangkat pikiran kita. Kita bisa memulai hari dengan senyuman. Kita bisa memberitahu dunia bahwa kita berbahagia bisa hidup. Kita bisa mengekspresikan rasa syukur kita atas apa pun. Kita bisa mencintai tubuh kita. Kita bisa menjadi sahabat terbaik bagi diri kita sendiri. Dari apa yang kita lakukan, kita menjadi teladan bagi anak-anak kita. Hanya dengan melihat kita, mereka akan belajar bagaimana menjadikan hidup yang bahagia dan penuh arti.

Ganjaran yang tersedia bagi kita adalah menyaksikan setiap hari hidup kita berubah menjadi pengalaman sukacita, penuh cinta, sehat, berlimpah, dan  indah. Dan berlangsung sepanjang sisa hidup kita di dunia. Maka latihlah diri Anda sendiri untuk berpikir pikiran yang membuat Anda merasa berbahagia. Dengan cara itu, Anda akan membuat hidup Anda penuh sukacita dan selalu di dalam sukacita. Sukacita yang satu akan membawa sukacita yang lain.

Afirmasi : Saya satu-satunya pemikir dalam pikiran saya; dan saya memilih untuk berpikir tentang sukacita, kebahagiaan, cinta, dan pikiran positif 24/7. Saya mencintai kehidupan dan kehidupan mencintai saya.

No comments: